Jumat, 24 Februari 2012

Review Holga


CRAZY TOYCAM
Buat kalian yang pengen punya Holga tapi masih bingung dan belum familiar dengan kamera yang satu ini, kali ini kita akan membahas Holga secara basic.Lensa plastik, light leaks dan vignette pada Holga yang membuat hasilnya menjadi menarik.
  • Menggunakan medium format yang membuat detail foto menjadi bagus.
  • Cara termurah untuk menikmati hasil medium format.
  • Kalian hanya perlu memikirkan komposisi tanpa ada campur tangan teknologi yang membingungkan.
  • Multiple Exposure mungkin hal baru yang dapat kalian explore lebih banyak, dan bisa dilakukan dikamera ini.
  • Harganya cukup terjangkau (Selain buatan lomography)
Holga 120 adalah kamera yang sangat simpel. Bodynya yang sangat ringan, shutter dengan bunyi yang khas dan lensa plastik yang bisa menghasilkan gambar menarik . 
Pada paket penjualan Holga, disertakan masking plastik yang bisa menghasilkan foto dengan format vertikal, 4.5 cm X 6 cm. Dengan masking tersebut, kalian bisa menghasilkan foto sebanyak 16 frame dengan film 120. Selain itu ada pula masking 6X6 yang bisa menghasilkan 12 frame. 
Holga dipersenjatai dengan lensa plastik murah dengan focal length sekitar 60mm yang menghasilkan efek wide pada foto (80mm pada kamera medium format pada umumnya).
Viewfinder pada Holga bisa dibilang tidak lazim, karena berada pada sebelah kiri kamera dan tidak yang kalian lihat pada viewfinder bukan apa yang akan tertangkap pada lensa. Kalian harus membayangkan obyek lebih lebar dan lebih mendekat pada obyek untuk meminimalisir parallax error.
http://www.squarefrog.co.uk/basics/apertures.html
Holga memiliki 2 apperture setting, yaitu f/11 dan f/8 yang bersimbolkan matahari dan awan. Namun pada holga versi terdahulu, setting ini tidak berpengaruh dan hanya fix pada f/11. Sedangkan masalah ini sudah diperbaiki pada Holga versi terbaru.
Jika kalian memiliki Holga produksi awal dan selalu memotret tanpa menutup bodi Holga dengan lakban, akan muncul kebocoran yang biasa disebut light leaks. Hasil light leaks ini ada yang terlihat artistik, tapi ada juga yang membuat foto terlihat rusak.
Light leaks tidak selalu muncul disemua kamera Holga, bisa dibilang setiap Holga beda juga karakter light leaks nya. Kenalilah karakter Holga yang kalian miliki. Coba dengan test roll, apakah kalian suka dengan light leaks yang akan muncul? Jika ternyata mengecewakan silahkan tutup sumber light leaks tersebut dengan menggunakan lakban hitam pada body Holga kalian.
Menurut manual Holga keluaran www.freestylephoto.biz/pdf/holga-manual.pdf lambang pada ring fokus berarti 3 ft, 6 ft, 9 ft (0.9 m, 1.8 m, 2.7 m), dan infinity. Cara terbaik untuk mengetahui ukuran pastinya adalah dengan eksperimen sendiri.. Selamat mencoba..Berikut ini adalah kesalahan kecil buat yang belum terbiasa menggunakan Holga..
  • “Wahh.. Lens cap lupa dilepas :( “
  • “… Bukannya dilepas malah diputar knobnya ke frame selanjutnya”
  • “Lupa memutar knob ke frame selanjutnya”
  • “Memutar knob terlalu jauh, jadi kehilangan beberapa frame difilm”
  • “Lupa mengatur jarak fokus
  • “dan yang terparah lupa mengeser setingan bulb ke normal (B dan N)
Beberapa kesalahan simple ini akan hilang setelah menggunakan beberapa roll dan terbiasa menggunakan Holga..
Cukup sekian untuk kali ini, semoga kalian penasaran :)
Bulan depan kita akan membahas modifikasi dan beberapa tips penggunaan holga
foto oleh: Pandu Issac Yanuar

0 komentar:

Posting Komentar

 

Saazizah Blog Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template