Selasa, 10 Januari 2012

Paus Orca

Orca (Paus Pembunuh)
POSTED IN : FISHYPEDIA


Paus Pembunuh atau orca (Orcinus Orca ) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba spesies ini di temukan di seluruh samudera , dari kawasan dingin seperti atlantik dan antartika hingga kawasan bersuhu hangat , Orca dapat di temui di hampir semua lautan di dunia , akan tetapi kebanyakan orca hidup di daerah dingin dan memiliki ciri khas warna hitam dan putih pada bagian badannya . Paus pembunuh merupakan predator puncak di lautan , kebanyakan populasi memakan ikan sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut , anjing laut , walrus hingga paus besar . 

                                                                 Klasifikasi Ilmiah 
                                                                  Kerajaan : Animalia
                                                                  Filum : Chordata 
                                                                  Kelas : Mamalia 
                                                                  Ordo : Cetacea
                                                                  Upaordo : Odontoceti 
                                                                  Famili : Delphinidae
                                                                  Genus : Orcinus 
                                                                  Spesies : O . Orca
                                                                  Nama binomial 
                                                                  Orcinus Orca
                                                                  Linnaeus 1758

Orca atau paus pembunuh adalah adalah paus bergigi yang merupakan predator yang efisien , bahkan menyerang pau besar berwarna biru muda . Hanya musuh mereka adalah manusia . Orca tinggal di tempat kecil , erat , plong seumur hidup dan memiliki 1 blowhole . Ikan paus pembunuh milik keluarga lumba-lumba dan lumba-lumba terbesar . Kadang-kadang di sebut "srigala laut" karena perilakunya mirip dengan serigala .
Para peneliti telah menemukan fakta bahwa mereka berburu dalam keheningan sebagai upaya menghindari terdengar oleh mangsannya . Paus pembunuh menggunakan "siulannya" untuk berbicara satu sama lain dan sebagai cara menemukan jalan di sekitar mereka . Gema ini juga bertujuan membantu binatang untuk memetakan lingkungan mereka , dan untuk menentukan lokasi pencarian makan berikutnya , Mereka mengorganisir diri menjadi suatu kelompok . Meskipun jarak antar paus satu dan lainnya sampai satu mil jauhnya , tapi pada saat mendengar suara keras , maka antar paus satu dan lainnya saling berdatangan untuk berbagi , maka antar paus satu dan lainnya saling berdatangan untuk berbagi hasil tangkapan mereka . 

Ukuran 
Orca dapat tumbuh sekitar 27-33 kaki (8-10m) panjang , beratnya lebih dari 8.000-12.000 pound (3.600-5.400 kg) . Orca jantan lebih besar dari betina mereka dalah anggota terbesar dari keluarga lumba - lumba .  

Kulit , Bentuk , dan Sirip 
Kulit orca adalah kebanyakan hitam dengan bercak putih khas . Orca memiliki , tinggi berbentuk sabit sirip punggung dan besar , sirip dayung - suka . Sirip punggung dari laki-laki lebih tinggi sampai 6 ft tinggi dan tegak lebih dari wanita yang sirip punggung sampai dengan 4 ft tinggi . 

Gigi dan Makananya 
Paus Pembunuh adalah pemburu yang makan makanan sangat beragam ikan , cumi , hiu , mamalia laut (termasuk ikan paus dan anjing laut) , penyu , octopi , dan burung (penguin dan burung camar) . Mereka bahkan telah di ketahui menyerang ikan paus biru muda dan paus besar lainnya . Mereka memiliki 10-13 pasang besar , saling kerucut , gigi enamel kedua didistribusikan di rahang atas dan bawah (untuk total 20-26 pasangan , sehingga orca memiliki 40-52 gigi) . Gigi kuvanya ke dalam dan ke belakang ini membantu orca menangkap mangsannya . Gigi rata-rata akan memakan 551 (250 kg) makann sehari . 

Habitat 
Paus pembunuh hidup di perairan mulai dari tropis ke kutub , dan keduannya perairan pesisir dan laut dalam . Mereka di temukan di semua samudera di dunia dan sebagian besar lauatan . Orca kadang - kadang masuk muara . tetapi tidak pergi jauh dari laut . 

1 komentar:

  1. Thanks for info jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2NjQtoh

    BalasHapus

 

Saazizah Blog Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template